Bismillah la haula wala quwwata illah billah. Allahumma shalli ala Muhamadin nabiyyil ummi wa ala alihi wa sohbihi wa sallim.
Bagaimana keadaan sahabat Blogger semuanya ? moga kita ada di dalam pengawasan Allah, Tuhan yang maha teliti dan maha Indah. Ammaba'du. Fasal ini saya lanjutkan meringkas Kitab sirrul asrar, sebagaimana saya janjikan di postingan sebelumnya.
Ilmu
Ilmu Ada 4 macam. Pertama Ilmu dzahir syariat, yaitu tentang perintah dan larangan serta hukum - hukum. Kedua Ilmu batin dan thariqat. Ketiga Ilmu Makrifat. Ke empat ilmu hakikat.
Seluruh Manusia di haruskan menguasai 4 macam ilmu ini. Rasul bersabda, " Syariat bagaikan pohon, Thariqat bagaikan cabang, Makrifat bagaikan daun, dan Hakikat bagaikan buah. Adapun Al qur,an mencakup 4 macam ilmu ini. Berkata Muallif kitab' Al
Majma berfatwa bahwa tafsir bagi awam dan takwil bagi orang-orang khusus dan mereka orang - orang khusus inilah yang di gelari ulam Rusukh. Rusukh artinya tetap kuat, kukuh, dan teguh dibidang ilmu, seperti pohon kurma, akarnya tetap di dalam tanah dan
cabangnya di langit. Sifat rusukh yang dimiliki oleh ulama Rasikin ialah suatu hasil dari kalimat yang di tanamkan lubuk hati, setelah berupaya membersihkan hati. Bukti ketinggian ulama Rasikhin adalah ayat Al qur,an yang
mencantumkan lafadz Rasikhin yang di athafkan kepada lafadz Jalalah [ Illallah ]. Mufasir Tafsir Al Kabir berkata [ Bila pintu yang ini" Rasikhin " telah terbuka maka akan terbukalah segala yang batin.
Seorang Hamba wajib melakukan wajibat dan menjahui larangan dan melawan hawa nafsu, di seluruh daerah yang 4 [ empat ] yaitu Mulki, malakut, jabarut, lahut [ maksudnya Jasad-Hati-Fuad- dan Sir ].
Nafsu menggoda di daerah syariat dengan cara perlawanan-perlawanan. Di daerah thoriqat dengan cara menyetujuinya tetapi di dalamnya terkandung tipuan,seperti Mengaku jadi Nabi, jadi Wali, dst.
Di daerah makrifat nafsu menggoda dengan cara syirik khafi /penyekutuan yang samar, yang sebangsa cahaya, seperti Pengakuan jadi Tuhan. FirmanNya : Engkau mengetahui orang-orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhan. Qs Alfur qan 43.
Adapun di daerah hakikat setan,nafsu, dan malaikat tidak dapat memasukinya, sebab selain Allah berada di sana akan hangus. Jibril As berkata. " Kalau aku memasukkan ujung jariku ke alam ini, maka hanguslah aku. Manusia yang telah mencapai alam ini, bdmrarti dia selamat dari 2 seteru" dan Jadilah dia manusia yanp ikhlas.
sesuatu yang tidl mencapai hakikat , maka dia tidak akan mencapai ikhlas. Karena sifat basyariah ghairiyyah( sifat makhluk selain Allah) tidak akawm hancur, kecuali dengan Tajalli Dzat.
Sifat bodoh hanya akan hilang dengan makrifat Dzat Allah dan Allah akan memberi ilmu pada orang yang sampai di derajat ini tanpa pelantara, yakni ilmu ladunni. Maka seorang manusia akan mengenal Allah, karena di perkenalkan Allah dan beribada padaNya dengan pendidikanNya. Seperti Nabi Khidir a.s. Dengan itu dia akan menyaksikan ruh-ruh Qudsiyah di alam ini, serta mengetahui Nabinya (Muhammad s.a.w.) secara hakiki. Dan dengan ini ia akan berbicara dari awal hingga akhir. Seluruh nabi menyampaikan khabar gembira padanya atas keberhasilan dia sampai kepada Allah S.w.t yang maha baqo. FirmanNya" Dan mereka itulah teman terbaik( Qs.An-Nisa : 69 ). Secara hakiki, manusia tidak dikatakan alim kalau tidak sampai pada maqam ini. Walaupun ia telah menguasai sejuta kita. Karena gelar alim hanya bagi mereka yang rpampai pada maqam atau derkat Ruhaniyah.
Amaliyah bagi Ruh Jasmaniah adalah menamalkan ilmu dzohir. Pahalanya surga. Sedangkan untuk masuk ke Haramil Qadsiyah dan dekat dengan Allah, maka tidak cukup ilmu dzohir semata. Harus dengan 2 sayap yaitu ilmu zahir dan ilmu batin. Firman Allah dalam Hadist qudsi :
Hay hambaKu, bila engkau ingin masuk ke HaramKu (haramil qudsiyah), maka engkau jangan tergoda oleh Mulki, Malakut, Jabarut; karena alam Mulki adalah syaitan bagi orang Alim, Alam Malakut syaitan bagi orang Arif, Alam Jabarut syaitan bagi orang yang akan masuk ke alam Qudsiyah. Orang yang tergoda oleh salah satunya, maka akan di tolak oleg Allah. Artinya tidak akan masuk ke dalam lingkungan alam Qurbah. Bukan berarti di tolak masuk surga, artinya masuk surga sesuai keingin mereka.
Pembahasan pasal ini cukupkan sampai di sini. Insya Allah di sambung dengan postingan berikut. Akan di sambung dengan tema ulasan TEMPAT BAGI AHLI QURBAH. Apa namanya ???? Ikuti terus artikelnya.
Ihdinasshi ratal mustaqim, wassalamualaikum
Lebih Menarik Lagi: