Blog Legenda Tauhid: Februari 2014

Seo tools dalam blog itu gunanya apa ?

0 komentar

  manfaat seo tools untuk blog sebagai berikut :

Ada banyak sekali fungsi seo tools untuk analisa seberapa seo blog kita di dalam search engine google. Itu semua tergantung dari jenis seo tools yang telah disediakan dalam suatu situs untuk blog kita.
  • Cek pagerank google (Google Pagerank Checker)
Sesuai dengan namanya, seo tools yang satu ini berfungsi untuk mengetahui pagerank suatu blog. Google pagerank checker di blog seo friendly 2013 berfungsi 100% berhasil dengan baik pada semua website, blogger, maupun wordpress.

Cara menggunakan seo tools google pagerank checker di blog seo friendly 2013 ini sangat mudah. Anda tinggal memasukkan url blog anda di tempat yang telah disediakan kemudian tekan check pr.


Memang bukan perkara mudah mendapatkan pagerank dari google, khususnya buat blogger pemula (seperti saya). Tetapi bukan hal yang tidak mungkin jika suatu hari nanti google akan memberikan hadiah pagerank nya untuk blog kita. Tentunya jika blog kita tetap aktif dan update dengan artikel orisinil hasil ketikan tangan kita yang bermanfaat buat para pengguna internet.


  • Analisa meta tag (Meta Tag Analyzer)
Seo tools meta tag analyzer checker ini berfungsi untuk cek meta tag yang telah kita buat di dalam blog kita. Menurut pemahaman saya, meta tag analyzer checker berfungsi untuk mengetahui relevansi atau hubungan antara judul blog kita, deskripsi blog kita dan keyword yang telah kita tetapkan sebelumnya.

Semakin tinggi hubungan antara judul blog, deskripsi blog, dan keyword yang telah kita tetapkan, menunjukkan bahwa blog kita semakin seo friendly dalam search engine google.


Cara menggunakan meta tag analyzer ini juga sangat mudah. Silahkan anda masukkan url blog anda ke dalam kolom yang telah disediakan, kemudian isi kode akses yang tertera dan klik submit.


Seo tools meta tag analyzer checker dalam blog seo friendly ini berfungsi 100% berhasil dengan baik untuk digunakan pada situs atau blog anda


  •  Cek berat blog
Seo tools yang satu ini berfungsi untuk cek berat blog anda. Berat suatu blog akan berpengaruh pada kecepatan loading blog tersebut. Semakin ringan beban blog anda, maka semakin cepat loading dalam blog anda.

Sebagian besar pengguna internet lebih menyukai suatu situs yang memiliki loading cepat dibandingkan dengan situs yang loading lambat. Untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dalam blog kita, maka tentunya kita akan berupaya untuk membuat pengunjung menyukai blog kita.


Disamping artikel yang berkualitas dan bermanfaat buat pengunjung, tentunya kecepatan loading blog kita juga memiliki nilai tambah tersendiri dari pengunjung blog kepada blog kita.


Seo tools cek berat blog ini berfungsi 100% berhasil dengan baik untuk semua situs atau blog.


  • Parse HTML tools (Alat untuk memparse kode html/javascript) 
Seo tools parse html di blog seo friendly 2013 ini berfungsi untuk memparse html/javascript yang akan di pasang di dalam template blog anda. Hal ini untuk menghindari kesalahan perayapan yang dilakukan oleh google bot saat membaca kode html/javascript dari blog anda.

Parse html tools ini paling banyak digunakan oleh blogger yang memonetize blog mereka dan untuk membuat blog mereka lebih seo friendly di search engine google. Sebagai contoh, jika anda ingin memasang kode iklan di dalam postingan blog anda, maka yang harus anda lakukan pertama kali adalah memparse kode iklan tersebut terlebih dahulu sebelum anda masukkan ke dalam template blog anda.


  • Keyword suggestion tool
Keyword suggestion tools ini berfungsi untuk cek keyword yang anda gunakan dalam blog anda. Penentuan keyword yang tepat akan membuat blog anda lebih seo friendly dalam search engine google. Dengan kata lain, blog anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang menggunakan keyword blog anda saat menulisnya dalam browser search engine google.


Bagaimana cara mengetahui HTML dan meng Editnya ?

0 komentar

Selama ini sahabat binggung meng edite template atau htm ? meng edite template atau htm memang susah-suah gampang, tapi jangan berkecil hati ! karena Blog Perpustakaan Tauhid akan menjelaskan secara tuntas cara meng edite html anda. ini dia artikelnya Cara mengedit html template blogspot tampilan baru - Hari ini saya sedang membuka Google Plus saya dan melihat pertanyaan dari seorang rekan blogger qbenk raflesia yang menanyakan "apakah cara mengedit HTML template di blogspot sudah berubah?". Setelah saya cek, ternyata memang sudah berubah cara mengeditnya.

Blogger kembali membuat tampilan baru untuk mengedit template di bulan APRIL 2013 ini, yang bisa jadi menyulitkan teman-teman blogger pemula karena cara yang lama yang sering menggunakan expand widget template sudah tidak akan berfungsi lagi. Padahal anda akan membutuhkan ini untuk mengedit template blog keren anda menjadi template blog SEO Friendly....
Jadi mari kita pelajari bagaimana cara edit HTML di tampilan baru ini.....

Mengenal tampilan EDIT HTML Blogspot

Secara garis besar semua fungsi tombol masih lengkap, hanya posisinya diubah. Malah saya bisa katakan perubahan ini jauh lebih baik! Untuk lebih jelasnya mari lihat gambar di bawah ini.... (masuk ke menu TEMPLATE dan klik EDIT HTML)

Tampilan baru dari EDIT HTML TEMPLATE BLOGSPOT

Keterangan Gambar:
  • A adalah tombol untuk kembali ke menu TEMPLATE
  • B adalah tombol untuk SIMPAN perubahan pada TEMPLATE
  • C adalah fitur baru yang akan banyak membantu, yaitu LOMPAT ke kode WIDGET
  • D dan E adalah tombol TOGGLE MODE untuk melihat versi HTML dan melihat versi tampilan browser
  • F adalah tombol untuk menghilangkan perubahan yang sudah anda lakukan dalam satu pengeditan
  • H adalah tombol untuk mengembalikan perubahan yang sebelumnya sudah anda lakukan tapi hilang karena pemformatan
  • H adalah tombol untuk mengembalikan widget ke setingan default
Yang perlu teman-teman blogger perhatikan dalam tampilan baru untuk mengedit HTML template blogspot ini adalah dua hal, yaitu tombol lompat ke widget dan panah-panah kecil berwarna hitam pada baris kode.

TOMBOL LOMPAT KE WIDGET
Tombol ini akan sangat membantu anda untuk menuju kode dari suatu widget di template anda. Anda cukup mengklik tombol tersebut dan akan terbuka dropdown untuk melompat ke kode HTML widget yang anda inginkan....
tombol lompat ke widget untuk membantu anda menemukan widget
Yang menjadi masalah adalah saat anda sampai di kode HTML widget tersebut,....anda akan melihat tampilan kode yang dipadatkan dalam lipatan yang ditandai dengan ► ..... lihat gambar di bawah ini....
tombol panah kecil pada EDIT HTML template blogspot untuk mengurai kode
Apakah saudara bisa melihat panah hitam kecil di atas?....

Tombol Panah Hitam Kecil
Tombol ► ini adalah fitur baru yang akan membuka setiap kode menjadi lebih detail lagi. Kalau ternyata setelah anda klik masih ada tombol panah hitam lagi di dalamnya, maka klik lagi tombol panah hitam itu sampai semua kode widget yang anda inginkan terbuka penuh.
Jika sudah terbuka penuh sekarang anda sudah bisa mengedit kode pada widget tersebut.

PENGGANTI EXPAND WIDGET TEMPLATE DI EDIT HTML TEMPLATE BLOGSPOT TAMPILAN BARU

Yang menjadi masalah sekarang adalah anda akan mengalami kerepotan yang cukup mengganggu jika harus mengedit sebuah kode yang sangat panjang dan mempunyai begitu banyak panah kecil hitam. Saat itulah anda pasti berharap tombol expand widget template masih ada di sini.

Apakah tidak ada cara menampilkan semua kode HTML agar proses edit bisa berjalan lebih cepat? Sebenarnya anda bisa membuka semua kode dengan cara yang sangat mudah....
  • Klik kursor di dalam barisan kode mana saja....
  • Tekan CTRL+A untuk menyorot semua kode
  • Tekan CTRL+C untuk mengcopy semua kode
  • Tekan tombol DEL pada keyboard untuk menghapus semua kode, dan
  • Terakhir tekan CTRL+V untuk mempaste semua kode
Kode yang dipaste ini akan terbuka penuh dan tidak ada panah hitam kecilnya, jadi hasilnya kurang lebih sama dengan tombol checkbox EXPAND WIDGET TEMPLATE yang ada pada EDIT HTML template blogspot tampilan lama....

Anda tetap bisa memakai tombol LOMPAT KE WIDGET saat semua kode sudah dijabarkan, jadi ini akan membantu anda untuk mengedit TEMPLATE. Mudah-mudahan Google tidak melakukan perubahan lagi dalam waktu dekat ini, ....soalnya belakangan ini Google seperti sedang berinovasi di sana sini. Agak repot juga kalau EDIT HTML dari menu TEMPLATE ini selalu diubah modelnya.....

UPDATE:
Rupanya banyak teman blogger yang kesulitan mencari kode tertentu di dalam baris kode yang panjang. Sebenarnya caranya sangat mudah....

CARA MENCARI KODE DI EDIT HTML BLOGSPOT TAMPILAN BARU

Anda sudah tidak bisa lagi mencari kode dengan menggunakan CTRL+F pada browser, .... jadi klik dulu di antara barisan kode dan klik CTRL+F, nanti akan muncul kotak pencarian di sudut kanan atas jendela kode HTML.

Di situlah anda memasukkan nama kode yang akan anda cari, dan tekan enter sesudahnya. Jika anda belum menemukan kode yang diinginkan, maka tekan terus enter sampai ketemu. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini....
cara mencari kode di EDIT HTML BLOGSPOT TAMPILAN BARU


Kiat Mengetahui Ukuran Header , Main Wrapper , Sidebar , Footer dan Halaman Blog

0 komentar

Kiat Mengetahui Ukuran Header , Main Wrapper , Sidebar , Footer dan Halaman Blog



Silahkan Login Blogger kemudian Tata Letak ( Layout ) Edit HTML,jangan lupa Expand Widget.


1.Untuk Mengetahui lebar header Untuk mengetahui ukuran header (tinggi sama lebarnya) Cari kode berikut : #header-wrapper{


#header-wrapper{

background: #ffffff;
width: 900px;
height: 160px;
font-size: 12px;
margin: 0px auto 0px;
padding: 0px;
overflow: hidden;
}


2. Untuk mengetahui lebar sidebar cari kode berikut : #sidebar-wrapper{


#sidebar-wrapper{
float:left;
width:320px;
margin:13px 0px 5px 0px;
padding:0px;
line-height:19px;
display: inline;
}


3. Untuk mengetahui lebar main kolom cari kode berikut : #main-wrapper{


#main-wrapper{
float:left;
width:590px;
margin:0px 0px 5px 0px;
padding:13px 10px 0px 10px;
overflow: hidden;
}


4.Untuk mengetahui lebar footer cari kode berikut : #footer {

/* Footer

----------------------------------------------- */ 

#footer {

  width:950px;

  clear:both;

  margin:0 auto;

  padding-top:15px;

  line-height: 1.6em;

  text-transform:uppercase;

  letter-spacing:.1em;

  text-align: center;

}

5.Untuk mengetahui ukuran halaman cari kode berikut : #outer-wrapper {

#outer-wrapper {

width: 660px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:$startSide;
font: $bodyfont;
}

Lihat tulisan warna biru, itu ukuran lebar dan tingginya.


pengertian sidebar dan isi yang sebaiknya ada di sidebar

0 komentar

Dalam jargon jurnalistik, sidebar dapat didefinisikan sebagai "Sebuah cerita yang menyertai kisah utama, merinci sudut tertentu atau aspek, seperti anak usia dini sang pahlawan." Dalam kasus blog Anda, Anda adalah sosok heroik dan blog Anda adalah

kisahutama.Kerja yang bagus, kami salut Anda! 

Mendapatkan lebih tepatnya, banyak blogger menemukan bahwa sidebar mengalir di paralel halaman ke halaman blog utama adalah tempat yang nyaman untuk menerbitkan biografi singkat, link favorit, dan informasi terkait lainnya yang ingin dekat (tetapi tidak dalam) blog Anda.Banyak template kami sudah diatur untuk menampilkan beberapa informasi Profil Anda jika Anda memilih untuk membuat publik.

Adapun isi sidebar usahakan beberapa hal di bawah ini :

  • post-post terbaru (recent posts). Pilihan ini pastinya cukup masuk akal, agar setiap pengunjung bisa melihat update terbaru website di setiap halaman (tidak hanya di halaman depan saja). Sangat berguna.
  • post-post paling populer (most popular posts). Yaitu daftar artikel kamu yang paling banyak dibaca oleh pengunjung. Besar kemungkinan bahwa post yang ada dalm list tersebut merupakan post-post paling menarik dalam blog kamu, jadi tidak ada salahnya bukan memberi kesempatan bagi setiap pengunjung untuk membacanya? Hal ini penting untuk “pamer” kualitas blog kamu. (dan pamer itu tidak selamanya jelek lho!)

  • tentang kamu (about me!). Maksudnya adalah deskripsi singkat mengenai dirimu (nama asli, tinggal di mana, pekerjaannya apa, dll). Seharusnya semua blogger wajib menuliskannya… tetapi kadang-kadang ada blogger yang enggan mengekspos data pribadinya. Tergantung kamu sendiri sih. Dan sebaiknya isinya jangan terlalu banyak, buat saja link ke halaman lain untuk pengunjung yang berniat membaca profilmu.
  • post-post yang mirip / berhubungan (similar / related posts). Berisi link ke post-post yang mirip / berhubungan dengan post yang sedang diperlihatkan sekarang (jadi hanya ada pada halaman yang berisi satu post saja). Ini merupakan salah satu elemen yang terpenting menurut saya, karena setiap pengunjung yang membaca suatu post pasti akan tertarik untuk membaca post lain yang berhubungan dengan post sekarang.
  • kalender, atau daftar post-post yang lama. Saya pribadi tidak menganjurkan adanya daftar ini, apalagi ada satu link per bulan! Kalau blognya masih muda sih tidak masalah tapi kalau umurnya sudah bertahun-tahun… akan ada banyak tempat yang terbuang percuma. Link-link tersebut tidak menarik dan kurang berguna. Kalau berbentuk kalender, mungkin nilai ke-“wah”-annya masih ada, tetapi nyatanya hampir tak pernah digunakan. Daftar post populer jauh lebih baik.
  • link ke blog lain. Bagian ini juga menarik karena kita bisa melihat blog-blog mana yang disukai oleh seorang blogger. Namun, jangan terlalu banyak menampilkan link ke blog lain! Sebab pengunjung akan tertarik untuk meninggalkan blog kamu untuk mengunjingi situs lain.


firus di saat mau ibadah

0 komentar

 Tiga firus di saat mau ibadah. memang tidak mudah mendapatkan keindahan yang di sediakan oleh Allah untuk hamba-hambaNya, yang Tafakkur-tadzakur dan tasyakur. Namun yakinlah, bahwa Allah akan menggokohkan langkah-langkahmu selagi dirimu mau menuju dan mendapati Allah.

1.KASAL (Malas), malas untuk mengerjakan ibadat kepada Allah s.w.t. padahal sebenarnya anda dapat dan sanggup  untuk melakukan ibadat tersebut. 

2. FUTUR (Bimbang/lemah pendirian), tidak memiliki tekad yang kuat karena terpengaruh oleh kehidupan duniawi.

3.MALAL (Pembosan), cepat merasa jemu dan bosan untuk melaksanakan ibadah karena merasa terlalu sering dilakukan, padahal tujuan belum juga tercapai.

Temasuk juga penyakit luar adalah sebagai berikut :

1. Kemarahan
Ketika diselimuti kemarahan, penyakit yang sering muncul adalah sakit punggung. Sebuah penelitian yang diimuat jurnal Pain menemukan bahwa kemarahan dapat mengaktifkan jalur saraf yang mentransfer ketegangan mental ke otot-otot tulang belakang. Amarah juga berkaitan dengan berkurangnya produksi hormon endorfin yang dapat membantu mengatasi rasa nyeri.

2. Kesepian
Punya banyak teman di situs jejaring sosial tak ada artinya tanpa disertai kedekatan yang nyata. Sebuah penelitian dari Universitas Chicago baru-baru ini menemukan bahwa orang yang kesepian lebih cepat naik tekanan darahnya dalam waktu 4 tahun ketimbang yang punya banyak dukungan sosial. Kenaikan tekanan darah ini bahkan cukup berisiko memicu serangan jantung.

3. Depresi
Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Johns Hopkins menemukan, orang yang mengalami depresi lebih berisiko 69 persen terkena kanker dibandingkan orang yang ceria. Seiring waktu, depresi dapat mengganggu fungsi hormon yang terlibat dalam pertumbuhan sel dan pengaturan siklus sel. Akibatnya bisa berpotensi menyebabkan kanker

4. Pesimis
Selalu menduga hal-hal buruk akan terjadi disebut dengan pesimis. Orang seperti ini lebih berisiko terkena stroke daripada orang yang optimis, demikian menurut penelitian yang dilakukan di Finlandia. Pandangan negatif dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu sistem saraf yang mengendalikan detak jantung. Ujung-ujungnya membuat orang pesimis jadi lebih rentan mengalami stroke.

5. Kecemasan
Sesekali cemas memang wajar dan manusiawi. Tapi jika terus-menerus tentu dampaknya tidak baik. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa kecemasan dapat meningkatkan risiko kepikunan atau demensia. Penyebabnya karena ketegangan mental yang muncul akibat rasa cemas akan meningkatkan kadar hormon glukokortikoid yang dapat menghapus sel-sel otak dan mengganggu pusat ingatan.

6. BORNOUT
Burnout adalah rasa kelelahan dan kekecewaan yang muncul akibat stres pekerjaan. Jika merasa terlalu capek dengan pekerjaan, sebaiknya segera periksa kadar gula darah. Sebuah penelitian di Serbia menemukan, karyawan pria yang merasa stres di tempat kerja memiliki kemungkinan 21 persen lebih tinggi mengidap diabetes dibandingkan karyawan yang nyaman dengan pekerjaan. Stres yang kronis akibat pekerjaan dapat mengganggu tidur dan menyebabkan peradangan, faktor risiko pemicu diabetes.




my script

0 komentar

<script>
  (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){
  (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o),
  m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m)
  })(window,document,'script','//www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

  ga('create', 'UA-47290081-2', 'lagusemesta.blogspot.com');
  ga('send', 'pageview');

</script>


KAPAN CINTA ITU TUMBUH DAN BERSEMI ?

0 komentar

Seringkali cinta terjalin antara dua orang bukan karena alasan keindahan dan kebaikan, keuntungan, atau manfaat lainnya. Cinta yang lebih tinggi dapat terjalin karena adanya keselarasan jiwa antara keduanya.

Cinta akan benar-benar utuh ketikalima faktor di bawah ini menyatu dalam diri seseorang. Dan lima faktor di bawah ini hanya dapat menyatu secara sempurna dalam pangkuan Allah SWT. Caranya adalah dengan selalu melakukan pemurinuan jiwa, pensucian jiwa, yaitu tazkiyah an-nafs. Seperti disebutkan oleh Sabda Rasulullah saw., bahwa Pensucian Jiwa Adalah Separuh Iman. Tazkiyah an-nafs menekankan laku tawbah, shabr, zuhd, khauf (takut) dan raja’(selalu berharap) secara terus menerus.

Puncak penyucian jiwa itu sendiri sebenarnya adalah pengosongan jiwa dari segala sesuatu selain Allah. Sehingga dengan kondisi seperti itu, hati benar-benar siap menerima makrifat dan hubb Allah (kecintaan kepada Allah). Dengan pensucian itu maka diharapkan memunculkan kekuatan dan keluasan makrifat atas hati. Makrifat atas hati ini akan membuahkan Syawq (rindu), Uns (mesra) dan Ridha kepada Allah SWT.
Dan dengan demikian sehingga empat macam tafakku bisa berjalan.( yaitu tafakkur syariat, tafakkur thariqat,tafakkur hakikat dan Tafakkur makrifat bisa berjalan )

Menurut Al Ghazali, terdapat lima faktor dan tingkatan yang membuat cinta itu tumbuh dan bersemi, yaitu sebagai berikut:
1. Mencintai diri sendiri

2. Mencintai orang yang berbuat baik kepada dirinya

3. Mencintai wujud dari yang dicintai itu sendiri.yang ke tiga ini maksudnya ialah, Bukan lagi mencintai orang lain karena ingin memperoleh di balik wujud sesuatu. Inilah cinta yang hakiki dan paling tinggi kedudukannya di dunia. Seseorang mencintai keindahan demi keindahan itu sendiri. Ia mencintai keindahan demi nilai keindahan itu sendiri, karena mengenal keindahan merupakan kenikmatan. Dan kenikmatan itu dicintai karena wujud itu sendiri, bukan karena yang lain, bukan karena kepentingan yang lain.
Mencintai siapapun yang memang berbuat kebaikan, meskipun kebaikan itu tidak untuk kepentingan dan eksistensi dirinya, bahkan tidak berdampak kepada dirinya.

4. Cinta Keindahan dan Kebaikan Substantif
Mencintai keindahan dan kebaikan tidak hanya bersifat lahir, wujud, tetapi juga mencintai keindahan, kebaikan secara batin, substantif. Kebaikan, keindahan, dan setiap yang dicintai selalu memiliki citra lahir dan batin. Citra lahir teridentifikasi melalui mata lahir dan dapat terekstraksi pada panca indera lainnya. Citra batin teridentifikasi melalui mata batin dan terekstraksi pada pengalaman abadi non materi. Inilah yang sebenarnya disebut cinta yang melampaui cinta materi. 

5. Mencintai Siapapun dan Apapun yang Memiliki Keselarasan Batin
 


Amazing code blog Terlengkap

0 komentar

warna atau istilah dunia blog atau website code adalah bahagian blog atau site itu sendiri. artinya tidak dapat di pisahkan. Bagaikan kehidupan penuh dengan warna-warni, demikian juga membanggun sebuah blog atau website para blogger mesti mempercantik blog nya dengan warna-warni. dan kode-kode warna tersebut adalah sebagai berikut.
#110000#111100#001100
#220000#222200#002200
#330000#333300#003300
#440000#444400#005500
#660000#666600#006600
#770000#777700#007700
#880000#888800#008800
#990000#999900#009900
#AA0000#AAAA00#00AA00
#BB0000#BBBB00#00BB00
#CC0000#CCCC00#00CC00
#DD0000#DDDD00#00DD00
#EE0000#EEEE00#00EE00
#FF0000#FFFF00#00FF00
#FF1111#FFFF11#11FF11
#FF2222#FFFF22#22FF22
#FF3333#FFFF33#33FF33
#FF4444#FFFF44#44FF44
#FF5555#FFFF55#55FF55
#FF6666#FFFF66#66FF66
#FF7777#FFFF77#77FF77
#FF8888#FFFF88#88FF88
#FF9999#FFFF99#99FF99
#FFAAAA#FFFFAA#AAFFAA
#FFBBBB#FFFFBB#BBFFBB
#FFCCCC#FFFFCC#CCFFCC
#FFDDDD#FFFFDD#DDFFDD
#FFEEEE#FFFFEE#EEFFEE
#001111#000011#110011
#002222#000022#220022
#003333#000033#330033
#004444#000044#440044
#005555#000055#550055
#006666#000066#660066
#007777#000077#770077
#008888#000088#880088
#009999#000099#990099
#00AAAA#0000AA#AA00AA
#00BBBB#0000BB#BB00BB
#00CCCC#0000CC#CC00CC
#00DDDD#0000DD#DD00DD
#00EEEE#0000EE#EE00EE
#00FFFF#0000FF#FF00FF
#11FFFF#1111FF#FF11FF
#22FFFF#2222FF#FF22FF
#33FFFF#3333FF#FF33FF
#44FFFF#4444FF#FF44FF
#55FFFF#5555FF#FF55FF
#66FFFF#6666FF#FF66FF
#77FFFF#7777FF#FF77FF
#88FFFF#8888FF#FF88FF
#99FFFF#9999FF#FF99FF
#AAFFFF#AAAAFF#FFAAFF
#BBFFFF#BBBBFF#FFBBFF
#CCFFFF#CCCCFF#FFCCFF
#DDFFFF#DDDDFF#FFDDFF
#EEFFFF#EEEEFF#FFEEFF
#000000#000033#000066
#003300#003333#003366
#006600#006633#006666
#009900#009933#009966
#00CC00#00CC33#00CC66
#00FF00#00FF33#00FF66
#000099#0000CC#0000FF
#003399#0033CC#0033FF
#006699#0066CC#0066FF
#009999#0099CC#0099FF
#00CC99#00CCCC#00CCFF
#00FF99#00FFCC#00FFFF
#330000#330033#330066
#333300#333333#333366
#336600#336633#336666
#339900#339933#339966
#33CC00#33CC33#33CC66
#33FF00#33FF33#33FF66
#330099#3300CC#3300FF
#333399#3333CC#3333FF
#336699#3366CC#3366FF
#339999#3399CC#3399FF
#33CC99#33CCCC#33CCFF
#33FF99#33FFCC#33FFFF
#660000#660033#660066
#663300#663333#663366
#666600#666633#666666
#669900#669933#669966
#66CC00#66CC33#66CC66
#66FF00#66FF33#66FF66
#660099#6600CC#6600FF
#663399#6633CC#6633FF
#666699#6666CC#6666FF
#669999#6699CC#6699FF
#66CC99#66CCCC#66CCFF
#66FF99#66FFCC#66FFFF
#990000#990033#990066
#993300#993333#993366
#996600#996633#996666
#999900#999933#999966
#99CC00#99CC33#99CC66
#99FF00#99FF33#99FF66
#990099#9900CC#9900FF
#993399#9933CC#9933FF
#996699#9966CC#9966FF
#999999#9999CC#9999FF
#99CC99#99CCCC#99CCFF
#99FF99#99FFCC#99FFFF
#CC0000#CC0033#CC0066
#CC3300#CC3333#CC3366
#CC6600#CC6633#CC6666
#CC9900#CC9933#CC9966
#CCCC00#CCCC33#CCCC66
#CCFF00#CCFF33#CCFF66
#CC0099#CC00CC#CC00FF
#CC3399#CC33CC#CC33FF
#CC6699#CC66CC#CC66FF
#CC9999#CC99CC#CC99FF
#CCCC99#CCCCCC#CCCCFF
#CCFF99#CCFFCC#CCFFFF
#990000#FF0033#FF0066
#FF3300#FF3333#FF3366
#FF6600#FF6633#FF6666
#FF9900#FF9933#FF9966
#FFCC00#FFCC33#FFCC66
#FFFF00#FFFF33#99FF66
#FF0099#FF00CC#FF00FF
#FF3399#FF33CC#FF33FF
#FF6699#FF66CC#FF66FF
#FF9999#FF99CC#FF99FF
#FFCC99#FFCCCC#FFCCFF
#FFFF99#FFFFCC#FFFFFF


Apa yang anda pikirkan tentang poto ini ?

0 komentar



 Ini baru, namanya cinta abadi
 Bagaikan yang cermin dan yang bercermin
 inilah percikan buah pikiran, di mana pikiran adalah wadah aktualisasi af'al Allah
 jadilah kebeningan besama dedaunan nan jaruh
 jangan kira, kami tak bisa bergurau coooyy...hahahhaha










Kitab-kitab karya Syekh Ibnu Qayyim Al jauziah

0 komentar

KARYA KARYANYA
Ibnu Qayyim adalah orang yang
sangat banyak mengarang buku. Hal
inilah yang menyebabkan
inventarisasi karya-karyanya secara
teliti menjadi sulit. Inilah daftar
buku-buku karangannya yang
diberikan para ulama.
1. Al-Ijtihad wa at-Taqlid. Ibnu
Qayyim menyebutkannya dalam kitab
Miftah Dar As-Sa’adah.
2. Ijtima’ al-Juyusy al-Islamiyah.
Telah dicetak berulang kali.
3. Ahkam Ahl adz-Dzimmah. Telah
dicetak dalam dua jilid yang ditahkik
oleh Shubhi ash-Shalih.
4. Asma’ Muallafat Ibnu Taimiyyah.
Sebuah disertasi yang diterbitkan
atas tahkik Shalahuddin al-Minjid.
5. Ushul at-Tafsir. Ibnu Qayyim
menyebutkannya dalam kitab Jala’
al-Afham.
6. Al-A’lam bi Ittisa ‘i Thuruq al-
Ahkam. Dia menyebutkannya dalam
kitab Ighatsah al-Luhfan.
7. A’lam al-Muaqqi ‘in ‘an Rabb al-
Alamin. Telah dicetak berulang kali
dalam empat jilid.
8. Ighatsah al-Luhfan min Mashadir
asy-Syaithan. Telah berkali-kali
dicetak dalam dua jilid.
9. Ighatsah al-Luhfan fi Hukm
Thalaq al-Ghadban. Sebuah disertasi
yang telah dicetak atas tahkik
Muhammad Jamaluddin al-Qasimi.
10. Iqtida’ adz-Dzikr bi Hushul al-
Khair wa Daf’i asy-Syar. Ash-Shufdi
menyebutkannya dalam kitab al-Wafi
bi al-Wafiat (11/271) dan Ibnu
Tughri Burdi dalam kitab al-Manhal
ash-Shafi 011/62), sebuah manuskrip.
11. Al-Amali al-Makkiyah. Ibnu
Qayyim menyebutkannya dalam kitab
Badai’u al- Fawaid.
12. Amtsal al-Qur’an. Telah tercetak.
13. Al-Ijaz. Pengarang kitab Kasyf
azh-Zhunun (1/206) dan al-Baghdadi
dalam kitab Hadiah al-Arifin (11/158)
menisbahkannya kepada Ibnu
Qayyim.
14. Badai’ al-Fawaid. Tercetak dalam
dua jilid.
15. Buthlan al-Kimiya’ min Arba’in
Wajhan. Buku ini telah diisyaratkan
oleh Ibnu Qayyim dalam buku
Miftah Dar as-Sa ‘adah.
16. Bayan al-Istidlal ‘ala Buthlan
Isytirath Muhallil as-Sibaq wa an-
Nidhal. Kitab ini telah disebutkan
oleh Ibnu Qayyim dalam kitab A’lam
al- Muwaqqi’in. Dan juga ash-Shufdi
dalam kitab al-Wafi bi al-Wafiyat
(11/271) dan Ibnu Rajab dalam kitab
Dzail Thabaqat al-Hanabilah (11/450)
telah menyebutkannya dengan nama
ad-Dalil ‘ala Istighnai al-Musabaqah
‘an at- Tahlil.
17. At-Tibyan fi Aqsam al-Qur’an.
Telah dicetak beberapa kali.
18. At-Tahbir lima Yahillu wa
Yahrum min Libas al-Harir. Ibnu
Qayyim menyebutkannya dalam kitab
Zad al-Ma ‘ad.
19. At-Tuhfah al-Makkiyah. Dia
menyebutkannya dalam berbagai
tempat dalam kitab Badai’u al-
Fawaid.
20. Tuhfah al-Maududfi Ahkam al-
Maulud. Telah dicetak berulang kali.
21. Tuhfah an-Nazilin bi Jiwar Rabb
al-Alamin. Dia menyebutkannya
dalam kitab Madarij as-Salikin.
22. Tadbir ar-Riasah fi al-Qawaid al-
Hukmiyah bi adz-Dzaka’ wa al-
Qarihah. Al- Baghdadi
menyebutkannya dalam kitab al-
Idhah al-Maknun fi adz-Dzail ‘ala
Kasyf azh-Zhunun (1/271).
23. At-Ta’liq ‘ala al-Ahkam. Ibnu
Qayyim mengisyaratkannya dalam
kitab Jala’ al- Afham.
24. At-Tafsir al-Qayyim. Ini adalah
tulisan terpisah-pisah dalam tafsir
Syaikh Muhammad Uwais an-Nadawi
dalam satu jilid. Tapi, dia tidak
mencakup semua ucapan Ibnu
Qayyim dalam tafsir. Namun, itu
adalah suatu usaha yang patut
mendapat pujian.
25. Tafdhil Makkah ‘ala al-Madinah.
Ibnu Rajab dalam kitab adz-Dzail
(11/450), ad- Dawudi dalam kitab
Thabaqat al-Mufassirin (11/193),
Ibnu al-’Ammad dalam kitab
Syadzarat al-Dzahab (6/178) dan al-
Sakhawi dalam kitab al-A’lam bi at-
Taubikh (him. 280) telah
menyebutkannya, tapi dengan nama
Tafdhil Makkah.
26. Tahdzib Mukhtashar Sunan Abi
Daud. Telah dicetak bersama dengan
kitab Mukhtashar al-Mundziri dan
syarahnya Ma ‘alim as-Sunan oleh al-
Khatthabi dalam delapan jilid.
27. Al-Jami’ bain as-Sunan wa al-
Atsar. Ibnu Qayyim menyebutkannya
dalam kitab Badai’u al-Fawaid.
28. Jala’u al-Afhamfi ash-Shalat wa
as-Salam ‘ala Khair al-Anam. Telah
dicetak berkali-kali di Mesir dan
India.
29. Jawabat Abidi ash-Shalban wa
Anna ma Hum ‘alaih Din asy-
Syaithan. Ibnu Rajab dalam
kitab adz-Dzail (11/450), ad-Dawudi
dalam kitab ath-Thabaqat (IV 93)
dan Ibnu al-’Ammad dalam kitab
asy-Syadzarat (VI/179)
menyebutkannya.
30. Al-Jawab asy-Syafi li man Sa ‘ala
‘an Tsamarah ad-Du ‘a idza Kana ma
Quddura Waqi’un. Asy-Syaukani
menyebutkannya dalam kitab al-
Badrath-Thali’(1V144).
31. Hadi al-Arwah ila Bilad al-Afrah.
Telah dicetak berkali-kali.
32. Al-Hamil, Hal Tahidhu am La.
Ibnu Qayyim telah menyinggung
masalah ini dalam kitabTahdzib
Sunan at-Tirmidzi.
33. Al-Hawi. Ahmad ‘Ubaid dalam
kata pengantar kitab Rawudah al-
Muhibbin berkata, “Ibnu Hajar al-
Asqallani telah menyebutkannnya
dalam kitab Fath al- Bari, juz XI”
34. Hurmah as-Sima’. Haji Khalifah
dalam kitab Kasyf azh-Zhunun
(1/650) dan al- Baghdadi dalam
kitab Hadiyah al-Arifin (11/158) telah
menyebutkannya.
35. Hukm Tarik ash-Shalah. Telah
berkali-kali dicetak.
36. Hukm Ighmam HilalRamadhan.
Ibnu Rajab dalam kitab adz-Dzail
(11/450), ad- Dawudi dalam kitab
ath-Thabaqat (11/93) dan Ibnu
al-’Ammad dalam kitab asy-
Syadzarat (VI/169) telah
menyebutkannya.
37. Hukm Tafdhil Ba’d al-Awulad ‘ala
Ba’d fi al-’Athiyah. Ibnu Qayyim
menyebutkannya dalam kitab
Tahdzib as-Sunan.
38. Ad-Da’ wa ad-Dawa’. Telah
dicetak berkali-kali dan dinamakan
juga dengan al- Jawab al-Kafi liman
Sa’ala ‘an ad-Dawa’asy-Syafi.
39. Dawa’ al-Qalb. ‘Abdullah al-
Jabburi menyebutkannya dalam
Fihris Maktabat Awuqaf Baghdad
(11/369). Ada juga naskah dengan
tulisan tangan oleh al-Jabburi
dengan nomor 4732. Kemungkinan
besar naskah ini adalah naskah
kitab ad- Da ‘ wa ad-Dawa’.
Meskipun demikian, lebih baik kita
menahan diri dalam mengambil
kesimpulan sebelum membaca
transkrip naskah tersebut. Wallahu
a’lam.
40. Rabi’ul-Abrar fi-ashshalah ‘ala
an-Nabi al-Mukhtar. Al-Baghdadi
menye butkannya dalam kitab
Hadiyah al-’Arifin (11/272) setelah
menyebutkan kitab Jala’u al-Afham.
41. Ar-Risalah al-Halabiyahfi ath-
Thariqah al-Muhammadiyah. Ini
adalah kumpulan bait-bait syair.
Muridnya ash-Shufdi dalam al-Wafi
bi al-Wafiyat (11/272), Ibnu Tughri
Burdi dalam al-Manhal ash-Shafi
yang masih dalam bentuk manuskrip
(111/62), ad-Dawudi dalam ath-
Thabaqat(IV93) dan Haji Khalifah
dalam Kasyf azh-Zhunun (1/861)
menyebutkannya.
42. Ar-Risalah asy-Syafi’iyah fi Ahkam
al-Mu’awwidzatain. Muridnya ash-
Shufdi dalam al-Wafi bi al-Wafiyat
(11/272) dan Ibnu Tughri Burdi
dalam al-Manhal as- Shafi (111/62)
menyebutkannya.
43. Risalah Ibni Qayyim ila Ahad
Ikhwanihi. Ditemukan satu
naskahnya dalam kumpulan
manuskrip perpustakaan al-
Mahmudiyah di Madinah al-
Munawwarah nomor 8/221 majami’
yang terdiri dari beberapa halaman
dalam ukuran kecil.
44. Ar-Risalah at-Tabukiyah yang
dicetak di Mesir dengan nama ini
dan dicetak juga dengan
judul Tuhfah al-Ahbab fi Tafsir
Qawuluhi Ta ‘ala: wa ta ‘awanu
‘alalbirri wattaqwa wa la ta’awanu
‘alalitsm wal’udwan wa attaqullaha
innallaha syadidul’iqab.
45. Raf’u at-Tanzil. Haji Khalifah
dalam Kasyf azh-Zhunun (1/909) dan
al-Baghdadi dalamHadiyah al-’Arifin
(11/158) menyebutkannya.
46. Raf’u al-Yadainfi ash-Shalah.
Muridnya Ibnu Rajab dalam adz-
Dzail (11/150), ash-Shufdi dalam al-
Wafi bi al-Wafiyat (11/272), Ibnu
Hajar dalam ad-Duraf al- Kaminah
(IV/33), as-Suyuthi dalamBaghyah al-
Wu’at (V63), ad-Dawudi dalam at-
Thabaqat (11/93), Ibnu al-’Ammad
dalam asy-Syadzarat (VI/168) dan
Haji Khalifah dalam Kasyf azh-
Zhunun (1/911).
47. Raudhah al-Muhibbin wa Nazhah
al-Musytaqin. Ibnu Qayyim
menulisnya dalam perjalanan jauh
dari tanah air dan perpustakaannya.
Kitab ini telah dicetak berkali- kali.
48. Ar-Ruh. Telah tersebar di
kalangan beberapa penuntut ilmu
bahwa kitab ini bukan karangan
Ibnu Qayyim atau dia menulisnya
sebelum berhubungan dengan Ibnu
Taimiyyah.
Akan tetapi, orang yang
menelaahnya akan menemukan
kejelasan bahwa kitab ini adalah
karangan Ibnu Qayyim dan
ditulisnya setelah berhubungan
dengan Ibnu Taimiyyah. Yang
menguatkan pendapat ini adalah
bahwa Ibnu Qayyim telah
menyebutkan kitab ini dalam
kitabnya at-Tibyan. Ibnu Qayyim
juga telah menyebutkan gurunya,
Ibnu Taimiyyah kurang lebih
sepuluh kali dalam kitab ar-Ruh
dengan mengutip pendapat-
pendapatnya serta menyebutkan
pendapat yang dipilihnya.
Di samping itu, kita menemukan ada
sekelompok tokoh autobiografer Ibnu
Qayyim telah menyebutkan kitab ini
dalam buku-buku karangan mereka.
Mereka itu seperti al-Hafizh Ibnu
Hajar dalam ad-Durar al-Kaminah
(IV/23), as-Suyuthi dalam Baghyah
al-Wu’at (1/63), Ibnu al-’Ammad
dalam asy-Syadzarat (VI/170), asy-
Syaukani dalam al-Badr at-Thali’
(11/144), Haji Khalifah
dalamKasyfazh-Shunun (11/1421), al-
Baghdadi dalam Hadiyah al-’Arifin
(11/158) dan al-Alusi dalamJala’u
al-’Ainain (him. 32).
49. Ar-Ruh wa an-Nafs. Ini bukan
kitab ar-Ruh. Ibnu Qayyim telah
menyebutkannya dalam kitab ar-Ruh,
Mitah as-Sa’adah dan Jala’u al-
Afham.
50. Zad al-Musafirin ila Manazil as-
Su ‘ada ‘fi Hadyi Khatam al-Anbiya’.
Ibnu Rajab dalam adz-Dzail (11/93),
ad-Dawudi dalam at-Thabaqat
(11/93), Ibnu al-Ammad dalam asy-
Syadzarat(VI/169), dan al-Baghdadi
dalam Hadiyah al-Arifin (11/158).
51. Zad al-Ma’ad fi Hadyi Khair
al-’Ibad. Ini telah dicetak berkali-
kali di India, Mesir, Syiria dan
terakhir diterbitkan dalam lima jilid.
52. As-Sunnah wa al-Bid’ah. Ahmad
‘Ubaid menyebutkannya dalam
mukadimah kitab Rawudhah al-
Muhibbin.
53. Sharh Asma’ al-Kitab al-Aziz.
Ibnu Rajab dalam adz-Dzail (11/449)
, ad-Dawudi dalam at-Thabaqat
(11/92) dan Ibnu al-Ammad dalam
asy-Syadzarat (VI/169)
menyebutkannya.
54. Syarh al-Asma’ al-Husna. Ibnu
Rajab dalam adz-Dzail (11/450), ad-
Dawudi dalam at-Thabaqat (11/93)
dan Ibnu al-’Ammad dalam asy-
Syadzarat (VI/170) menyebutkannya.
55. Syifa’ al-Alil fi Masail al-Qadha’
wa al-Qadr wa al-Hikmah wa at-Ta’lil.
Ini telah diterbitkan.
56. Ash-Shabr wa as-Sakan. Haji
Khalifah dalam Kasyf azh-Zhunun
(11/1432) dan al-Baghdadi dalam
Hadiyah al-Arifin (11/158) telah
menyebutkannya.
57. Ash-Shirath al-Mustaqim fi
Ahkam Ahl al-Jahim. Ibnu Rajab
menyebutkannya dalam adz-Dzail
(11/450), ad-Dawudi dalam at-
Thabaqat (11/93), Ibnu al-Ammad
dalam asy-Syadzarat (VI/169).
58. Ash-Shawaiqal-Munazzalah
‘alaaj-Jahmiyah waal-Mu’atthilah,
satujilid. Ibnu Rajab
menyebutkannya dalam adz-Dzail
(11/450), ad-Dawudi dalam at-
Thabaqat (11/93), Ibnu al-Ammad
dalam asy-Syadzarat (VI/169), asy-
Syaukani dalam al-
Badr at-Thali’ (117144), Haji Khalifah
dalam Kasyf azh-Zhunun (11/1083),
al-Baghdadi dalamHadiyah al-’Arifin
(11/158) dengan nama ash-Shawaiq
al-Mursalah. Kitab ini belum
diterbitkan, yang telah diterbitkan
hanya kitab al-Mukhtashar karya
Muhammad bin al-Maushili.
59. At-Tha’un. Ibnu Rajab
menyebutkannya dalam adz-Dzail
(11/93), ad-Dawudi dalam at-
Thabaqat (11/93), Ibnu al-’Ammad
dalam Asy-Syadzarat (W196) dan al-
Baghdadi dalamHadiyah al-Arifin
(11/158).
60. Thibb al-Qulub. Az-Zarkali
menyebutkannya dalam kitab al-
A’lam (VI/280), Ahmad ‘Ubaid dalam
mukadimah Rawudhah al-Muhibbin
dan dia berkata, “Profesor Ma’luf
menyebutkan bahwa ada satu
naskahnya di Berlin.”
61. At-Thibb an-Nabawi. Ibnu
Qayyim menyatukannya dengan kitab
Zad al-Ma ‘ad, tapi ia telah
diterbitkan secara terpisah.
62. Thariq al-Hijratain wa Bab as-
Sa’adatain. Telah dicetak beberapa
kali. Ibnu Qayyim menyebutkan
kitab ini dalam berbagai kitab
karangannya dengan judul Safar al-
Hijratain.
63. At-Thuruq al-Hukmiyahfi as-
Siyasah asy-Syar’iyah. Telah dicetak
ulang beberapa kali.
64. Thariqah al-Bashair ila Hadiqah
as-Sarair fi Nazhm al-Kabair. Kitab
ini tercantum dalam indeks buku-
buku Auqaf di Baghdad dan
disebutkan bahwa buku ini ada
naskahnya yang sangat berharga
ditulis tahun 811 H.
65. Thalaq al-Haidh. Ibnu Qayyim
menyebutkannya dalam kitab
Tahdzib Sunan Abi Dawud.
66. ‘Uddah ash-Shabirin wa
Dzakhirah asy-Syakirin. Ini telah
dicetak berulang kali.
67. Aqd Muhkam al-Ahibba’ baina al-
Kalam at-Thayyib wa al-Amal ash-
Shalih al- Marfu’ ila Rabb as-Sama’.
Ibnu Rajab menyebutkannya dalam
adz-Dzail (11/ 449), ad-Dawudi
dalam at-Thabaqat (11/92), Ibnu al-
Ammad dalam asy-Syadzarat (VI/169)
dan al-Baghdadi dalam Hadiyah al-
Arifin (11/158).
68. Al-Fatawa. Al-Alusi
menyebutkannya dalam Jala ‘u al-
Ainain.
69. Al-Fath al-Quds. Ibnu Rajab
dalam adz-Dzail (II450), ad-Dawudi
dalam at- Thabaqat (11/93), Ibnu al-
Ammad dalam asy-Syadzarat (VI/169)
dan al-Baghdadi dalam Hidayah al-
Arifin(11/158).
70. Al-Fath al-Makki. Ibnu Qayyim
telah menyebutkannya dalam
kitabnyaitoda’w al-Fawaid.
71. Al-Futuhat al-Qudsiyah. Ibnu
Qayyim menyebutkannya dalam
kitabnya Miftah Daras-Sa’adah.
72. Al-Farq bain al-Khillah wa al-
Mahabbah wa Munazharah al-Khalil
li Qawumih. Ibnu Rajab
menyebutkannya dalam adz-Dzail
(11/450) dan Ibnu al-Ammad dalam
asy-Syadzarat (VI/168).
73. Al-Farusiyah. Kitab ini adalah
ringkasan kitab al-Farusiyah asy-
Syar’iyah. Dan, telah dicetak di
Mesir.
74. Al-Farusiyah asy-Syar’iyah. Ibnu
Tughri Burdi menyebutkannya dalam
a\-Manhal ash-Shafi (E/hlm. 93
75. Fahdl ‘Iim wa Ahlih. Ibnu Rajab
menyebutkannya dalam adz-Dzail
(11/450) dan ad-Dawudi dalam at-
Thabaqat (11/93).
76. Fawadh fi al-Kalam ‘ala Hadits al-
Ghamamah wa Hadits al-Ghazalah
wa ad- Dhub wa Ghairih. Sebuah
tulisan yang terdiri dari sembilan
belas lembar dalam manuskrip
perpustakaan azh-Zhahiriyah di
Damaskus dengan nomor 5485.
Syaikh Muhammad Nashiruddin al-
Albani dalam indeks perpustakaan
halaman 100 juga menyebutkannya.
77. Al-Fawaid. Telah dicetak.
78. Qurrah ‘Uyun al-Muhibbin wa
Rawudhah Qulub al-’Arifin. Al-
Baghdadi menyebutkannya dalam
Hidayah al-’Arifin (11/158).
79. Al-Kafiyah asy-Syafiyah fi an-
Nahw. Pengarang Kasyf azh-Zhunun
(11/1369).
80. Al-Kafiyah asy-Syafiyah fi al-
Intishar li al-Firqah an-Najiyah.
Telah dicetak beberapa kali. Kitab
inilah yang dikenal dengan al-
Qashidah an-Nuniyah.
81. Al-Kabair. Ibnu Rajab
menyebutkannya dalam adz-Dzail
(11/450), ad-Dawud dalam at-
Thabaqat (11/93), Ibnu al-’Ammad
dalam asy-Syadzarat (Vl/hlm. 168)
dan al-Baghdadi dalam Hidayah al-
Arifin (11/158).
82. Kasyf al-Ghitha’ ‘an Hukm Sima’
al-Ghina’.
83. Al-Kalam at-Thayyib wa
al-’Amalash-Shalih. Telah dicetak
beberapa kali di Mesir dan India
dengan judul al-Wabil ash-Shaib min
al-Kalam at-Thayyib.
84. Al-Lamhahfiar-Rad ‘alaIbni
Thalhah. Al-’Allamahal-
Manawimenyebutkannya dalam Faidh
al-Qadir (1/116).
85. Madarij as-Salikin baina Manazil
Iyyaka Na’bud wa Iyyaka Nasta’in. Ini
telah dicetak dalam tiga jilid.
86. Al-Masail at-Tharablisiyah. Ibnu
Rajab menyebutkannya dalam adz-
Dzail (11/ 449), ad-Dawudi dalam at-
Thabaqat (11/93) dan Ibnu
al-’Ammad dalam asy- Syadzarat
(VI/169).
87. Ma’ani al-Hurufwa al-Adawat.
Ash-Shufdi menyebutkannya dalam
al-Wafi bi al-Wafiyat (11/271), Ibnu
Tughri Burdi dalam al-Manhal ash-
Shafi (11/62) yang masih dalam
bentuk manuskrip, ad-Dawudi dalam
at-Thabaqat (11/93), as-Suyuthi
dalam Baghyah al-Wu’at (1/63) dan
Haji Khalifah dalam Kasyf azh-
Zhunun (11/ 1729).
88. Miftah Dar as-Sa’adah wa
Mansyur Wilayah al-’Hm wa al-
Iradah. Inilah kitab kita sekarang
ini. Ibnu Qayyim menyebutnya
dalam mukadimah dengan judul
Miftah Dar as-Sa ‘adah wa Mansyur
Wilayah AM al- ‘Urn wa al-Iradah.
Kitab ini telah dicetak dua kali, tapi
tanpa tahkik. Cetakan ini, sepanjang
pengetahuan kami, merupakan
naskah tahkik pertama.
89. Al-Manar al-Muniffi ash-Shahih
wa ad-Dhaif. Ini telah berulangkali
dicetak.
90. Al-Mawurid ash-Shafi wa az-Zhil
al-Wafi. Al-Baghdadi
menyebutkannya dalam Hidayah
al-’Arifin (11/159) dan Ibnu Qayyim
dalam kitabnya Thariq al-Hijratain.
91. Maulid an-Nabawi saw. Asy-
Syaukani menyebutkannya dalam al-
Badr ath-Thali’ (11/144) dan Shadiq
al-Qannuji dalam at-Tajal-Mukallal.
Al-Qannuji menyebutkan bahwa dia
memiliki satu manuskrip dari kitab
ini.
92. Al-Mahdi. Haji Khalifah
menyebutkannya dalam Kasyf azh-
Zhunun (11/1465).
93. Al-Muhadzab fi …. Haji Khalifah
menyebutkannya dalam Kasyf azh-
Zhunun (IV1914).
94. Naqd al-Manqul wa al-Mahk al-
Mumayyiz bain al-Maqbul wa al-
Mardud. Ibnu Rajab
menyebutkannya dalam adz-Dzail
(11/450), ad-Dawudi dalamath-
Thabaqat (11/93), Ibnu al-’Ammad
dalam asy-Syadzarat (VI/168) dan al-
Baghdadi dalam Hidayah al-’Arifin
(11/159).
95. Nikah al-Muhrim. Ibnu Rajab
menyebutkannya dalam adz-Dzail
(11/450), ad- Dawudi dalamath-
Thabaqat (11/193), dan Ibnu
al-’Ammad dalam asy-Syadzarat
(VI/168).
96. Nur al-Mu’min wa Hayatuh. Ibnu
Rajab menyebutkannya dalam adz-
Dzail (11/ 450), Ibnu al-Ammad
dalam asy-Syadzarat (VI/178) dan al-
Baghdadi dalam Hidayah al-’Arifin
(11/159).
97. Hidayah al-HayarifiAjubah al-
Yahud wa an-Nashara. Ini telah
tercetak beberapa kali.
Selain itu, di sana ada juga artikel
atau tulisan tersendiri karya Ibnu
Qayyim yang diambil dari buku dan
karangan-karangannya. Misalnya
kitab Bulugh as-Sulfi Aqdhiyatil-
Rasulsaw. yang
disarikan dari kitab A’lam al-
Muwaqqi’in, Tafsir al-Fatihah dari
kitab Madarijas-Salikin, Tafsir al-
Mu’awwidzatain dari kitab Badaiul-
Fawaid, ar-Risalah al-Qabriyahfi ar-
Radd ‘ala MunkiriAdzabil-QabrMinaz-
Zanadiqah wal-Qadariyah dari kitab
ar-Ruh.
Sebagian orang tidak mampu
membedakan antara Ibnu Qayyim al-
Jauziyah dengan Ibnu al-Jauzi
karena kemiripan nama. Kesalahan
ini telah berakibat pada penisbahan
beberapa kitab karya Ibnu al-Jauzi
kepada Ibnu Qayyim al-Jauziyah.
Kesalahan seperti itu terjadi karena
kelalaian para penulis manuskrip
atau karena perbuatan orang-orang
yang sentimen terhadap Ibnu
Qayyim al-Jauziyah.
Sebagai bukti adalah bahwa Ibnu al-
Jauzi adalah Abdurrahman bin Ali
al-Qursyi, wafat tahun 597 H.
Meskipun dia adalah salah seorang
ulama dari golongan Hanbali yang
terkemuka dan banyak menulis, tapi
dalam kajian masalah nama-nama
dan sifat Allah SWT dia tidak
mengikuti metode Imam Hanbal
karena dia dalam hal ini menempuh
metode takwil. Ini jelas
bertentangan dengan metodologi
Ibnu Qayyim sebab dia menempuh
metode ulama salaf.
Di antara buku yang dinisbahkan
kepada Ibnu Qayyim, padahal
sebenarnya itu adalah karya Ibnu al-
Jauzi, adalah kitab Daf’u Syubahit-
Tasybih bi Akaffit-Tanzih. Kitab ini
banyak memuat takwil yang keliru.
Karena itu, dia terjerumus dalam
ta’thil guna melepaskan diri dari
noda tasybih(penyerupaan).
Allah Tabaroka wa ta’ala telah
memberikan petunjuk kepada Ibnu
Qayyim al-Jauziyah sehingga dia
mengikuti langkah ulama salaf.
Sebab itu, dia selamat dari noda
tasybih dan bahaya
takwil. Dia menempuh cara ulama
salaf di mana dia hanya menetapkan
apa yang ditetapkan Allah SWT
untuk diri-Nya dan apa yang
ditetapkan oleh Rasul-Nya tanpa
melakukan penyimpangan, tasybih
dan ta ‘thil.
Demikian pula kitab Akhbar an-Nisa’.
Kitab ini dinisbahkan kepada Ibnu
Qayyim al-Jauziyah, padahal kitab ini
dikenal sebagai karya Ibnu al-Jauzi


Tentang kitab Madarijus-salikin

1 komentar



Kitab Madarijus-salikin adalah karya Shahibul fadzilah was-sa'adah,
 kuthbul ulum wa rasikhin, wa warasatul An-biya' 
Assyekh al alim al allama, Abu
‘Abdullah Syamsuddin Muhammad
Abu Bakr bin Ayyub bin Sa’d bin
Huraiz bin Makk Zainuddin az-Zur’i
ad-Dimasyqi dan dikenal dengan
nama Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah.
Beliau dilahirkan pada tanggal 7 Shafar
tahun 691 H. 

Beliau tumbuh dewasa
dalam suasana ilmiah yang kondusif.
Ayahnya adalah kepala sekolah al-
Jauziyah di Dimasyq (Damaskus)
selama beberapa tahun. Karena
itulah, sang ayah digelari Qayyim al-Jauziyah.Nisbah ini sang anak
dikenal di kalangan ulama dengan
nama Ibnu Qayyim al-Jauziyah.
Diantara maha karya beliu menurut saya ( Al-faqir washaghir wal gharib
 Andrias bukaleng al-Irian jayyi ) adalah kitab MADARIJUS-SALIKIN 
( Pendakian Menuju Allah ).

Di mana kitab ini di titahkan oleh Al-Imam terinspirasi oleh ayat dalam surat Al fatiha
 ( Iyyaka na'budu wa iyyaka nastain ) dimana surat al fatiha adalah saripati Al qur'an
 dan saripati al fatiha adalah IYYAKANA'BUDU WAI IYYAKA NAS TAIN. Beliau 
menjelaskan secara gamplang tentang manzilah, etape,tempat persingahan, keadaan
 dan keadaan.

Kesemuanya akan saya tulis ringkasan - ringkasannya dalam blog ini.  
IKhwan dan akhwat silahkan gabung dengan blog ini dan nikmati artikel-artikelnya.