Sifat Bashar Allah | Blog Legenda Tauhid

Sifat Bashar Allah


06.21 |

Sifat bashar adalah sifat yang berdiri dengan Zat Allah dan nyata bagiNya dengan sifat itu segala yang maujud.
صِـفَةٌ قََـائِـمَـةٌ بِـذَاتِـهِ يَـنْـكَشِـفُ لَـهُ بِـهَـا كُـلُّ مَـوْجُوْدٍ
ِAllah Ta’ala berfirman :
إِنَّ اللهَ بِـمَـا تَـعْـمَلُوْنَ بَـصِـيْرٌ ( البـقـرة : 11 )

Artinya : “ Sesungguhnya Allah Ta’ala Maha Melihat  terhadap segala sesuatu yang kamu kerjakan".
            Yang dimaksud dengan bashar adalah melihat tanpa perantara, tidak dipengaruhi oleh jarak jauh atau dekatnya sesuatu yang dilihat, tidak dipengaruhi oleh bentuk besar atau kecilnya sesuatu yang dilihat itu dan tidak juga dipengerahi oleh tempat sesuatu yang dilihat (lahir atau bathin).
Mustahil Allah Ta’ala tidak melihat (buta). Yang dimaksud dengan tidak melihat (buta) adalah meliputi :
a.       Tidak melihat sama sekali.
b.      Melihat sebahagian saja, berarti ada yang tidak dilihat
c.       Melihat dengan perantara
d.      Melihat tanpa perantara, tetapi dipengaruhi oleh jarak jauh atau dekatnya sesuatu yang dilihat itu, atau dibatasi oleh dinding dan tembok
e.       Melihat tanpa perantara, tetapi dipengaruhi oleh bentuk dari sesuatu yang dilihat, seperti sangat halus atau sangat kecil.

Penjelasan
a)      Melihat dengan perantara adalah melihat dengan alat, seperti melihat dengan biji mata, kelopak mata, dengan cahaya, dengan kaca mata, teleskop, thedolit dan teropong.
b)      Dipengaruhi oleh jarak jauh atau dekat, terdinding atau lepas, lahir atau bathin, berserak atau terkumpul, bersebelahan atau berhadapan. Manusia tidak dapat melihat sesuatu yang sangat dekat atau yang sangat jauh.
c)      Dipengaruhi oleh bentuk besar atau kecil, halus atau kasarnya sesuatu yang dilihat. Penglihatan Allah Ta’ala berbeda dengan penglihatan manusia, sebab manusia tidak dapat melihat sesuatu yang sangat kecil atau yang sangat halus kecuali dengan alat bantu penglihatan.


Lebih Menarik Lagi:


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar